Kamis, 18 Oktober 2012

BUILD YOUR OWN BUSINESS

Halo semuanya...

Udah lama nih saya gak nge-blog lagi,,terakhir tentang cerita saya jalan-jalan ke Swedia bareng Oriflame ya...

Janji pada diri sendiri, setiap minggu saya akan update  blog saya ini.. semogaaa...hehehe

Dalam kesempatan kali ini saya mau cerita tentang pengalaman dibulan Ramadhan kemarin saat diundang menjadi pembicara disalah satu kampus swasta di kota Bogor.. ..Acara ini adalah sebuah workshop yang mengangkat tema Build Your Own Business ... Cara Mudah dan Tepat Bagaimana Untuk Menjadi Pebisnis Muda...

Berhubung saya adalah pelaku di bisnis MLM, maka saya mewakili suara dari kaum MLM yang kadang dianggap sebelah mata oleh orang-orang pada umumnya. Hal tersebut dibuktikan, saat saya membuka wacana mengenai hal ini 95% peserta workshop menyatakan ketidaksukaannya pada bisnis berjenis MLM. Tapi Alhamdulilah pandangan tersebut akhirnya berubah ketika mereka mendengar cerita saya yang telah menggeluti bisnis MLM Oriflame selama 2.5 tahun.


Apa saja sih yang saya sampaikan? Yang saya sampaikan antara lain :
- 7 Alasan Mengapa Saya Menganjurkan Bisnis MLM Sebagai Cara Mudah & Tepat Untuk Menjadi Pebisnis, dan ..
- 7 Langkah Dalam Menjalankan Bisnis MLM

Gaya dulu sebelum action hehehe...
Kenang-kenangan dari pihak kampus


Saya sharing disini ya :

7 Alasan Mengapa Saya Menganjurkan Bisnis MLM Dan Apa Sih Yang Sudah Saya Dapatkan Dari Bisnis MLM Oriflame..

Saya ini awalnya bukanlah orang pebisnis, saya ini tulen selama 12 tahun menggeluti dunia perkantoran... berangkat pagi jam 5 subuh pulang jam 8 malem...rumah di Bogor, kerja di Jakarta..istilah gayanya kaum urban... sama sekali gak kepikiran untuk ninggalin dunia perkantoran sampai saya ketemu  bisnis ini...

Waktu masih jadi karyawan

 Sekarang total sudah 2 tahun 10 bulan saya jalanin bisnis MLM Oriflame dan sekarang saya sudah bisa memberikan anjuran buat temen-temen yang mau nyobain bisnis, coba deh bisnis MLM (multi level marketing)..Kenapa eh kenapa? Karenaaa...

(1) Modal awal sangat kecil kalau dibandingin kita mau buka bisnis model konvensional.

Biasanya untuk memulai bisnis MLM setiap member diminta untuk melakukan pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran yang telah ditetapkan. Dengan memiliki nomor keanggotaan kita leluasa untuk lebih mendalami tentang bisnis tersebut. 

Saya terus terang kurang paham berapa biaya pendaftaran produk MLM lain selain Oriflame, cuma kalo di Oriflame menurut saya sih murah banget ya cuma Rp 39,900. Dengan jumlah tersebut kita mendapatkan sebuah buku panduan (starterkit) tentang produk dan cara menjalankan bisnis Oriflame.


Asiknya lagi dengan biaya 39,900 kita bisa mengikuti beberapa pelatihan gratis tentang bisnis Oriflame, mendapat web gratis untuk mengembangkan bisnis kita dan memperoleh sarana untuk masuk ke dunia online bisnis Oriflame.

Coba temen-temen bandingin kalo kita mau buka usaha misalnya bisnis baju deh, minimal kita sudah harus keluar modal dulu untuk beli-beli bajunya atau bayar sewa tempat yang pastinya sudah di angka jutaan.

(2) Waktu Yang Tidak Terikat .... (Tapi Harus Disiplin Yah...)



12 tahun saya terpola menjadi orang yang diatur oleh waktu dan sekarang sayalah yang mengatur waktu... Waktu kapan untuk mengurus bisnis, kapan untuk mengurus keluarga dan kapan untuk mengurus diri sendiri semuanya ada ditangan saya.. Enak kan??

Tapi tetep yah kalo yang namanya mau bisnis kita harus punya standar komitmen waktu yang tinggi...hukumnya bukan kita yang "meluangkan waktu" tapi kita "menyediakan waktu" untuk si bisnis tersebut

Kerennya bisnis Oriflame kapanpun kita mau mengerjakan bisnis ini mereka selalu ready untuk kita... kita mau order barang jam 10 malam saat anak-anak tidur bisa...kita mau cek status jaringan jam 04 shubuh saat orang rumah belum bangun gak masalah... bahkan disaat kita mau mendaftarkan downline baru saat kita berada ditengah kemacetan lancar-lancar aja tuh...

Mau prospek tanpa kenal batas waktu juga bisa... caranya? maksimalkan landing page atau web replika yang ada di tools online... Keren kan?!!

Ngantor dirumah bukan berarti jam kerja bisa semau gue lho, tetep punya komitmen dalam masalah waktu


(3) Siapapun Bisa Sukses Disini Tanpa Memperhatikan Latar Belakang

 Untuk memulai bisnis MLM tidak perlu menunjukan ijazah ataupun surat kelakuan baik dari kepolisian... disini yang dilihat pertama kali adalah "semangat" untuk mengejar kesuksesan..

Kalo untuk hal ini di Oriflame sudah banyak buktinya ... ada yang pekerja, ibu rumah tangga atau pelajar yang sudah menghasilkan bonus jutaan hingga puluhan juta perbulan

Tapi sebenarnya ukuran kesuksesan dalam bisnis MLM apa sih? Apa cuma karena levelnya sudah tinggi dan bonusnya udah puluhan juta tiap bulan? Itu mungkin bisa menjadi salah satu indikatornya...

Tapi kalo dibisnis MLM salah satu indikator utama seseorang bisa dianggap sukses ketika dia sudah bisa mencetak leader-leader handal dalam jaringannya...Jadi kesuksesan bukan hanya untuk individu saja tapi juga sukses  kebersamaan dalam jaringannya...
Saya bersama teman-teman saya saat direkognisi, mereka ada yang ibu rumah tangga bahkan masih bekerja kantoran

Kenalkan teman saya yang cantik, Trisna - mahasiswi, usia 21 tahun penghasilan 10 - 12 juat perbulan dari Oriflame

(4) Tidak Perlu Pengalaman, Tapi Pengalaman Akan Terus Mengikuti Kita


Sebuah kelas pelatihan yang akan membawa kita untuk menetahui lebih jauh tentang bisnis ini sebenarnya


Maaf mbak saya gak bakat berjualan.... Waduh, saya tidak ahli dalam urusan ajak mengajak orang... Gimana saya mau bicara didepan banyak orang, wong bicara di depan satu orang aja saya gemetaran...

Kalimat-kalimat diatas adalah kalimat-kalimat penolakan yang beberapa kali saya terima saat saya mencoba mengajak seseorang dalam menggeluti bisnis ini.  Alasan mereka sebenarnya sama : merasa kalah sebelum perang...dan itupun terjadi pada saya dulu..

Tapi kembali lagi pada pembahasan topik saya pertama tadi, disaat kita menyerahkan diri untuk menggeluti bisnis MLM yang harus pertama kali dicek adalah apakah si perusahaan tersebut menyediakan kelas pelatihan untuk anggotanya? Pelatihan yang dimaksud selain mengajarkan tentang kekuatan produk yang dijual juga cara jitu dalam melakukan siasat strategi bisnis tersebut.

Dari teori-teori yang diajarkan itulah nantinya harus kita praktekan dalam bisnis kita. Dalam prakteknya nanti akan menghasilkan pengalaman-pengalaman tak terduga buat kita. Ada pengalaman yang menyenangkan dan ada pula yang menyedihkan. Ada suka, ada duka. Ada tawa, ada tangisan. Ada kemurnian dan ada juga kepalsuan. Tapi jangan dijadikan yang sedih-sedih itu sebagai hambatan melainkan sebuah pelajaran penting bagi kita untuk menuju puncak kesuksesan yang kita impikan.  

Dari yang tadinya cuma selalu jadi peserta training akhirnya jadi sering jadi trainer

Siapa sangka saya yang dulunya cuek banget masalah kosmetik sekarang bisa jadi trainer pada acara Beauty Class, yang semua itu didapat dari pelatihan, pengalaman dan jam terbang

(5) Berapa Besar Penghasilan Kita Yang Menentukan

Jujur, waktu bilang sama sahabat sekaligus upline, saya cuma bilang pengen punya uang tambahan sebesar 2 juta saja perbulan dari Oriflame... Tapi ternyataaa... gak cuma 2 juta yang sekarang saya peroleh, bahkan bukan bonus saja yang saya dapatkan, melainkan bisa jalan-jalan gratis keluar negeri adalah hal diluar dugaan saya..

Seberapa besar penghasilan yang kita dapatkan tergantung dari keinginan dan cara kerja kita dibisnis ini


Jalan-jalan keluar negeri adalah satu bonus tak terduga dalam menjalankan bisnis ini

(6) Gak Pusing Mikirin Gaji Karyawan Atau Cash Flow Perusahaan

Ada teman saya punya perusahaan jasa yang saban masuk ke tanggal 20an kondisi mukanya berubah tegang... Malah mendekati tanggal 30 berubah menjadi kaku...Kenapa? karena setiap akhir bulan dia harus mikirin pembagian gaji karyawannya...

Iya kalo perusahaan lagi rame.. kalo lagi sepi? Puter otak deh untuk nyelametin cash flow perusahaan..

Kalo disini emang gimana? 

Kalo di Oriflame berapa besar penghasilan kita sudah dapat cek setiap hari dalam sistemnya Oriflame yang dapat kita pantau secara online . Nanti di akhir bulan perhitungan bonus kita akan dikunci dan ditransfer ke rekening masing-masing konsultan setiap awal bulannya.

Masalah pengiriman barang, masalah promosi semuanya juga sudah dipikirin banget sama Oriflame. Jadi gimana caranya agar barang tiba di tempat konsultan dengan selamat dan dengan biaya pengiriman yang sangat murah bahkan gratis, itu semua sudah bisa kita nikmati di bisnis Oriflame.

Mau naekin omset penjualan atau naekin jumlah new recruit setiap bulan? bisaaaaaa....dan gak usah pusing mikirin gimana caranya...kita tinggal ngelakuin apa yang diminta sama Oriflame. Karena setiap bulannya Oriflame selalu menyediakan sarana2 promosi yang luar biasa..

Salah satu campaign yang dikeluarkan Oriflame untuk meningkatkan penjualan

(7) Memiliki Networking Yang Luas

Setiap harinya jumlah pelanggan atau partner bisnis kita akan bertambah... Menambah teman itu sangatlah menyenangkan karena secara otomatis akan menambah wawasan kita juga terutama tentang makna hidup.. 

Dari pengalaman-pengalaman hidup mereka kita kadang bisa banyak belajar bahwa hidup kita belum apa-apa dibandingkan dengan perjuangan hidup mereka, atau justru kita malah bersyukur karena ternyata diberi kesempatan menjalani hidup yang lebih baik dari mereka.
 
Jangan heran diantara mereka dengan mudahnya ada yang datang dan ada juga yang pergi... Walaupun mereka datang dan pergi jangan sampai menyurutkan semangat kita disini...karena kesuksesan bisnis kita bukan tergantung sepenuhnya dari mereka melainkan dari kita sendiri..

Memiliki Komunitas Tertentu Yang Memiliki Impian dan Visi Yang Sama Sangatlah Menyenangkan




Hubungan Kami Adalah Hubungan Mitra Bisnis Yang Saling Mengisi dan Mengoreksi

Sebuah Kegiatan Bisnis Kami Tampaknya Malah Seperti Acara Refreshing Juga Bagi Kami

Nah itulah  7 alasan kenapa saya getol sekali mengajak teman-teman saya untuk bergabung menjalankan bisnis Oriflame..karena memang bisnisnya sangat mengasikan ,,Tapi ingat ya, yang namanya bisnis tetap kita harus punya yang namanya STRATEGI... Kalao kita gak punya tips dan trik dalam menjalankan bisnis ini, waduh bisa-bisa kalian MPP alias mundur pelan-pelan...

Disini saya berikan 7 tips agar kalian bisa berkembang dan menikmati bisnisMLM :

(1) Yakinlah bahwa perusahaan tempat anda bergabung adalah perusahaan yang tepat. Tepat disini selain perusahaan terebut harus bonafid, perusahaan tersebut harus mengerti tentang keinginan pada konsultan atau pelanggannya. Bagaimana dengan Oriflame ? Dengan tagline Your Dreams Our Inspirations perusahaan Oriflame benar-benar mensejajarkan bahwa kami para leader adalah bagian penting dari mitra bisnis mereka..



(2) Produk yang berkualitas, segmentasi pasarnya luas dan memiliki repeat order yang tinggi adalah indikator sebuah kesuksesan bahwa produk tersebut sangat mudah dijual dan diterima oleh masyarakat. Oriflame sudah mengemas produknya dengan sangat cantik. Dipasarkan melalui sebuah katalog yang eksklusif dan up to date setiap bulannya, pengemasan barang yang menarik, promosi yang luar biasa sekarang tinggal bagaimana kita sebagai konsultan dalam memasarkan barang-barang tersebut.







(3) Pelajari Marketing Plan dari yang ditawarkan perusahaan tersebut. Saat kita bergabung dalam sebuah perusahaan MLM biasanya karena kita diajak oleh teman atau saudara. Tapi jangan karena cuma bisnis ajakan kita jadi males untuk mempelajari lebih jauh marketing plan bisnisnya ya. Ada beberapa pilihan yang ditawarkan oleh sebuah bisnis MLM,  sebagai penjual atau sebagai leader. Masing-masing posisi tersebut memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda, dan pastinya dengan keuntungan yang berbeda pula.

Kalo kita hanya memposisikan diri sebagai penjual, jadilah penjual yang tangguh..tangguh menguasai produk, memuaskan konsumen dan memiliki omset yang tinggi. Pelajari "selling technique" lebih mendalam.

Dan kalo kita memilih untuk menjadi seorang leader, jadilah leader yang berkualitas. Seorang leader yang berkualitas pastinya dia harus memiliki visi untuk jaringannya..Untuk mempunyai visi sebagai seorang pemimpin dia harus paham betul sistem marketing plan dari si perusahaan tersebut sehingga dia dapat mengakomodir kebutuhan setiap level pertumbuhannya.

Mau jadi seller atau leader pilihannya ada ditangan kita asalkan kita paham marketing plan-nya

(4) Maksimalkan fasilitas yang disediakan oleh si perusahaan atau klub tempat kita bernaung. Sarana-sarana penunjang bisnis baik yang disediakan oleh perusahaan atau klub kita bernaung harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya... Baik itu sarana penunjang promosi atau pengenalan bisnis kita. Oriflame sendiri selalu memberikan fasilitas yang sangaattt up to date untuk memudahkan para leadernya dalam mengembangkan bisnisnya. Layanan online, new campaign setiap bulan, kelas-kelas pelatihan gratis, seminar-seminar yang sangat memotivasi dan harga tiket seminar yang sangat terjangkau (bahkan ada yang gratis) sangat memudahkan para leadernya untuk lebih memperbesar jaringan bisnisnya. Jadi sayang banget ya perusahaan yang sudah sangat sekeren ini tidak kita maksimalkan. 

Layanan Oriflame online yang sangat memudahkan bisnis kita
 
Seminar-seminar yang luar biasa sebagai pembuka jalan untuk berlari di bisnis ini
Media prospek online yang  disediakan oleh klub bossfamily

(5) Lakukan inovasi untuk pengembangan bisnis kita. Berkali-kali saya bertemu dengan orang-orang yang menurut saya sudah ada di level kesuksesan...Saya tanya, apa rahasianya? Mereka menjawab sama..tidak ada ramuan rahasia untuk menjadi sukses..mereka hanya tidak pernah berhenti bahkan disaat gagal sekalipun...mereka mencoba..mencoba dan..mencoba lagi sampai akhirnya mereka sampai dititik yang mereka inginkan. 

Disaat kita merasa ada dititik jenuh karena merasa stagnan dilevel tertentu lakukanlah sebuah inovasi untuk memperbaharui cara kerja kita. Disaat kita melakukan inovasi baru pastinya ada penyemangat untuk mencoba bersikap lebih baik lagi. Kesalahan-kesalahan yang terjadi, kita jadikan sebuah evaluasi agar tidak terulang kembali pada langkah kita selanjutnya.

Banyak sekali pelajaran yang saya ambil saat menjalankan bisnis Oriflame. Saya merasa kegiatan yang saya lakukan kurang sesuai dengan harapan saya. Kecewakah saya? pasti kecewa. Tapi saya langsung ambil jalan evaluasi dan langsung melakukan perbaikan. 

Kegiatan yang paling simple adalah ketika saya melakukan acara Beauty Class. Pada saat awal saya mengadakan Beauty Class saya melihat hasil dari kegiatan tersebut kurang sesuai dengan harapan saya. Namun saya mencoba perbaikan sana sini sampai akhirnya saya cukup puas dengan perbaikan yang saya lakukan. Cerita tentang Beauty Class ada pada artikel Blog saya selanjutnya ya.

Acara Beauty Class pada mulanya

Beauty Class saat ini...lebih rapih kan?

(6) Bersikap pro-aktif. Mau cepet sukses dibisnis MLM? jangan sepenuhnya bergantung sama yang namanya upline. Ingat ya, upline juga manusia...punya keterbatasan. Jangan apa-apa maunya sama upline, ada salah sedikit mentoknya nyalahin upline. Upline memang seseorang yang mengajak kita dibisnis ini. Tapi ingat, bisnis ini nantinya akan menjadi bisnis kita sendiri. Kesuksesan kita sepenuhnya tergantung dari kita sendiri sebagai pelakunya. Belajarlah menjadi sosok leader yang mandiri.

Bersikaplah pro aktif dalam mencari celah untuk bangun di bisnis ini. Fasilitas-fasilitas yang disediakan baik oleh perusahaan atau oleh klub, kita maksimalkan dengan sebaik-baiknya. 

Kalau lagi galau, selain curhat sama upline,  buka lagi yang namanya buku panduan bisnis kita. Kalo di Oriflame namanya buku SARPIO (Sales And Recruitment Process in Oriflame)..hati-hati jangan sampai curhat dengan orang yang salah. Yang ada nanti bukan  makin membantu, malah makin membuat semrawut masalah kita.


Gali potensi diri karena hanya kita sendiri yang mengetahui kelebihan kekurangan kita

(7) Lakukan sepenuhnya dengan hati. NAH!!! Ini dia yang palingggg penting... Disaat kita sudah tahu seperti apa cara kerja bisnis ini tapi tidak melibatkan yang namanya HATI...wahhh susah deh. Analoginya begini. Ada dua orang wanita yang sama-sama akan membuat kue. Kue dengan resep adonan yang sama. Tapi ketika kue tersebut sudah jadi, rasanya sangat berbeda padahal dari proses pembuatan hingga racikan adonan tidak ada perbedaan.  Lalu apa yang membedakan? Hati dari perempuan tersebut belum tentu sama. Yang satu membuat kue dengan sepenuh hati, yang satu membuat kue dengan setengah hati.

Nah, beginilah cara kerja sebuah bisnis. Disaat kita melakukan dengan sepenuh hati, maka kita sangat menikmati proses kerja bisnis tersebut. Hambatan bukan dijadikan sebagai beban, melainkan sebagai penyemangat untuk lebih baik lagi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar