Kamis, 08 November 2012

IT WAS COOL SPENDING MORNING W COFFEE & ANDREA HIRATA


Me and Andrea in Starbucks Cafe

 Tau buku ini kan? Buku ini adalah cerita lanjutan dari buku pertama tetralogi "Laskar Pelangi" yg berjudul Sang Pemimpi.  Kisah Sang Pemimpi bahkan sudah diangkat ke layar kaca dimana salah satu pemainnya adalah Ariel Noah (aheem).
 


Berbeda dengan kisah LP yg menceritakan persahabatan 10 anak kecil di sebuah desa kecil Belitong, di buku SP kita akan menemukan persahabatan dua anak remaja, Ikal dan Arai.  Kisah kenakalan remaja seusianya membawa kita mengingat masa lalu dan semakin mengenang manis arti sebuah PERSAHABATAN.
Persahabatan Ikal dan Arai dituangkan dalam buku "Sang Pemimpi"

Salah satu keistimewaan buku ini ketika sang penulis, Andrea Hirata, menggambarkan dengan detail suasana kota Bogor 20 tahun silam dimana saya berada juga dlm masa itu. Saya lahir dan besar di kota Bogor dan ketika membaca buku ini saya seperti sedang bernostalgia dengan kota Bogor tempo doeloe..hehehe. 
Kota Bogor jaman dulu terekam dengan baik di film Sang Pemimpi...yang ini namanya jembatan gantung di lapangan Sempur

Dari buku sang pemimpi ini saya banyak mendapatkan sebuah inspirasi tentang kekuatan sebuah mimpi yg kadang mimpi kita ditertawakan oleh orang2 sekitar. 

Naahhh... Kalo buku ini beda lagi..."Edensor"... Gak kalah luar biasa dari buku pertama dan kedua, disini sayapun dibawa lagi dengan petualangan Ikal dan Arai , 2 tokoh utama dlm buku tersebut, yg berkelana di kota Paris dan menemukan kota imajinasi Ikal, Edensor.

Buku ini keren banget...menggambarkan suasana kota Paris dan kota kecil di Inggris, Edensor dengan sempurna

Kalo buku ke-empat,Maryamah Karpov,  terus terang "feel"nya kurang dapet...

By the way,  saya acungi 4 jempol untuk seorang Andrea Hirata, menurut saya dia bukan  penulis biasa melainkan seniman kata-kata yang bisa merangkai kata-kata dengan sangat indah. Tidak heran kalo saat ini buku Laskar pelangi sudah diterjemahkan dalam 36 bahasa dan disebar ke 54 negara...Dan teman2 pasti sudah tau kan kalo cerita  buku ini pun sudah pernah dilayar kacakan dan menjadi satu2nya film nasional yg ditonton lebih dari 4 juta orang... WOW!!!
Laskar Pelangi yang sudah dialihbahasakan di beberapa negara...awesome!!!

Saya pernah membaca profile ttg seorang Andrea Hirata dan menyaksikan saat beliau diwawancara oleh Kick Andy.  Well I thought he was a genius people ...yaiyalah gmn gak jenius berkali2 dapet beasiswa...terutama waktu dapet beasiswa kuliah di Sorbonne Paris dan sekolah sastra di New York...cool man!!!!

Jadi pada intinya, saya termasuk orang yg ngefans banget sama si penulis jenius ini... Nge-fans dengan salah makhluk ciptaan Tuhan dng profile unik tapi isi otaknya so hilarious. Sampai pada suatu ketika saya gak sengaja membaca sebuah pengumuman di milis majalah wanita Femina bahwa si majalah sedang mencari seseorang yg ngefans banget sm si penulis ini utk diangkat dlm artikel majalah tersebut.

Salah satu syrat  lomba ini kita harus mengirimkan quote favorit versi Andrea Hirata dalam bukunya ...duh saya kan suka banget tuh sama quote-nya yg ada dalam buku si Pemimpi. Quote fav saya : "Bermimpilah setinggi langit, karena Tuhan akan memeluk mimpi2mu" ahaaiiiii.....

Dannn....pada suatu siang dikala saya sedang mengadakan acara Beauty Class  saya  telpon dari majalah Femina yg mengatakan saya terpilih untuk bertemu dengan Andrea Hirata....wowww..it's cool maaannnn!!!!!!!

Jadilah saya bertemu dengan si seniman penulis favorit saya, Andrea Hirata, asal Belitong di cafe Starbucks Ranch Market Pasanggrahan tanggal 01 Nov'2012 jam 10.00.  Saya datang lebih awal satu jam dari waktu yg dijanjikan krn saya emang wanti2 menghindari macet..maklum sayakan tinggal di Bogor...jauhh hehehe

Setengah jam kemudian Mbak Eka, dari majalah Femina datang dan kita berdua langsung ngobrol2 ttg buku2nya Andrea Hirata. Dari obrolan singkat tersebut Mbak Eka langsung mengatakan saya adalah orang yg tepat untuk dipertemukan dengan seorang Andrea Hirata...akhh masa sihhh hehee


Lagi asik2 ngobrol datanglah seseorang yg ditunggu, siapalagi kalo bukan si seniman kata2 , Andrea Hirata. Seneng deh bisa ketemu langsung n ngobrol2 sama seorang Andrea Hirata,  orangnya ramah n enak banget diajak bertukar cerita.

Bang Andrea, sebutan akrab belio, mengatakan bahwa segala kejadian2 luar biasa dalam hidupnya berawal dari yg namanya DREAM.  Semua mimpi2nya itu awalnya banyak ditertawakan teman2nya bahkan dianggap sesuatu yg sangat mustahil. Tapi KEYAKINANlah yg membawa akhirnya DREAM itu menjadi KENYATAAN.


Salah satu mimpinya yg akhirnya jadi kenyataan adalah ketika buku Laskar Pelangi diterjemahkan kedalam berbagai bahasa didunia dan yg paling spektakuler akan diterjemahkan disebuah kota sastra paling bergengsi di dunia, NEW YORK.  Butuh perjuangan dan keyakinan yg sangat tinggi sampai akhirnya buku tersebut bisa menembus kota New York karena tidak segampang itu sebuah buku bisa diterbitkan disana.Tapi akhirnya buku tersebut akan di-launching tanggal 08 Januari 2013 lewat amazon.com

Bang Andrea juga menceritakan kilas balik tentang sejarah buku Laskar Pelangi yg bisa menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa.  Ternyata cerita LP ini awalnya hanya untuk koleksi pribadi Bang Andrea yg diperuntukan utk ibu guru masa kecilnya, Bu Muslimah

Tapi siapa disangka ternyata suatu ketika laptopnya Bang Andrea dicuri orang dikost2an didaerah Bandung saat belio masih kerja jadi pegawai telkom. Dan taukah teman2, setelah beberapa lama laptop itu kecurian ada satu penerbit yg menelpon Bang Andrea kalo karyanya yg ada dlm laptop tsb  akan dituangkan dalam bentuk buku...WOW bukaaannn...

Pokoknya seru banget deh ngobrol2 sama Bang Andrea, dan saya sendiri cukup tersanjung ketika bang andrea sendiri juga mengagumi kisah hidup saya yang sedang jatuh bangun merintis karir mnjadi seorang entrepreneur bisnis Oriflame... *tersipu2 ... Sampai mbak Eka bilang, antara saya dan bang andrea punya kemiripan, yakni "Our Lifes were driven by our dreams"...WOW!!!

Akhirnya setelah menghabiskan waktu selama 2 jam, saatnya saya dan bang Andrea harus berpisah dan melanjutkan kisah mimpi kami masing-masing...Artikel cerita kami berdua akan dimuat di majalah Femina edisi 45 dipertengahan bulan November...Nanti liat ya teman-teman...





Terimakasih buat Femina yg telah mempertemukan saya dengan Bang Andrea dengan suasana yg sangat menyenangkan dan terimakasih buat Bang Andrea dng cerita2 yg sangat luar biasa dan sangat menginspirasi  untuk melanjutkan rangkaian mimpi saya...The Power of the DREAM....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar