Sabtu, 27 Agustus 2011

Siapa takut dengan BISNIS PENOLAKAN???



Apa rasanya ditolak orang? Pastinya gak enak... Kalo ditolak temen sendiri? Sempet keki  n semakin pengen ngebuktiin hasilnya....Ditolak sama orang yang baru dikenal? Ehhmm...tengsin, malu, dalam hati rada keki juga ...Tapi itu duluuu....Kalo sekarang ditolak orang mah langsung pasang senyum 227 alias kanan tarik 2 cm, kiri tarik 2 cm dan tahan 7 menit ehh ..salah 7 detik sajahhh...hehehe...



Inget banget waktu diajakin bisnis  ini sama sahabatku Nina, salah satu pertanyaan penting yang saya utarakan adalah apa resiko dari menjalankan bisnis ini? Dengan lugasnya Nina berkata “ditolak orang”... Terus apa lagi ...dia sempet mikir sejenak dan bilang lagi “yaa..ditolak orang”...Cuma itu resiko terberat bisnis ini...Bukan kehilangan uang ratusan juta atau kehilangan harta inventaris kita tapi cuma satu resiko terberat kalo mau ngejalanin bisnis ini...yaitu SIAP UNTUK D I T O L A K...

Ehhmm... kalo itu sih gampang ya (pikir saya saat itu). Ya udah, cuma modal pendaftaran empatpuluh ribu kurang seratus dan investasi katalog 20 biji seharga tigapuluh empat ribu rupiah mulailah saya menjalankan bisnis ini. Saya buat daftar teman-teman yang akan diprospek,..bukan 20, tetapi langsung 50...dan saya yakin pasti akan banyak teman saya yang tertarik dengan bisnis murah meriah hasil luar biasa ini...Yup...penawaran dimulai...Eng..Ing..Eeengg...

Apa hasilnya???

“Wah engga deh San, udah banyak orang yang ikut Oriflame-an...temen satu kantor saya pun  sudah banyak yang  ikut Oriflame”

“Produk Oriflame kan murahan...gak level saya pake produk beginian”

“Sorry ya....tapi gue udah gak punya waktu, waktu gue udah habis di kantor...”

“Hahhh...bisnis MLM ya...ikkhhh ga’ gue bangettt...males akh cari-cari orang”

“Saya pikir-pikir dulu deh mbak, nanti kalo sudah minat saya hubungi mbak ya?”

“Saya gak suka ditarget mbak, jadi pekerjaan jenis ini gak cocok buat saya”

“Gak punya modal mbak, apalagi mesti tutup point segala”

“Saya gak bisa jualan..”

“Saya gak diijinin sama suami untuk ikut bisnis beginian..”

“Bisnis MLM kan haram, mana boleh saya menekuni bisnis beginian..”

“Saya gak sanggup kalo ditolak orang...”

“Oriflame kan bisnis perempuan..gengsi dong saya sebagai laki-laki ikut bisnis beginian”

“Males akh...lama kaya-nya..saya mau yang pasti-pasti aja..”

“Bisnis MLM adalah bisnis yang menyuruh orang berlaku konsumtif..”

“Kalo semua jadi member, siapa yang beli mbak?”

“Saya gak suka dandan...”

Dan masih banyaaakkkkkk kalimat penolakan-penolakan lain yang saya terima. 

Menyerahkah saya?

Bohong kalo saya bilang saya tidak sedih atau down saat itu... saya sangat sedih, BT, drop campur keki  karena saya tidak berhasil meyakinkan orang untuk bergabung menjadi member Oriflame. Tapi apakah saya langsung berhenti? Pastinya tidak, saya justru makin penasaran untuk menangkis kalimat-kalimat seperti itu dan  ingin membuktikan bisnis ini tidak seperti yang mereka kira.

Yang ada diotak saya saat itu adalah para pembesar-pembesar di belahan bisnis manapun pastinya mengawali bisnis mereka dengan susah payah, tidak usah di Oriflame...di perusahaan saya dulupun sang founder, Eka Tjipta Wijaya, mendirikan perusahaan sekelas raksasa Sinar Mas harus bercucuran keringat dan air mata sampai akhirnya anak cucunya bisa menikmati hasil jerih payah sang founder tersebut.  Bukan cuma anak cucunya, bahkan beribu-ribu rakyat Indonesia beserta sanak keluarganya hidup bergantung dari perusahaan itu. Istilahnya No Pain No Gain, right??!! Hari gini mau kerja dikit untung banyak...waduuhh..ke laut aja bu / pak...yang benar adalah yuk kita kerja pintar dengan bisnis luar biasa saya ini.

Lagian kerja di bisnis ini baru ditolak orang langsung melempem? Cuma ditolak loh, bukan dikejar-kejar orang yang duitnya hangus ratusan juta karena duitnya gak balik ..

OK, saya langsung cari tahu, kenapa sih orang-orang itu menolak saya? Bahkan ada istilah dari salah satu sahabat yang katanya saya akan “menjebak” dia dengan bisnis ini....Astaghfirullah... dengan modal 40 ribu apa yang bisa saya jebak dari dia...


Akhirnya saya langsung bertukar pikiran dengan upline saya dan rajin mengikuti kelas-kelas training yang diadakan oleh klub ataupun pihak Oriflame sendiri , tapi yang paling penting saya menaikan jam terbang untuk bertemu orang-orang  dengan beraneka ragam penolakan. Semakin banyak penolakan semakin banyak pengetahuan saya tentang bisnis ini. Alhamdulillah saya gak usah keluarin duit puluh-puluh juta untuk sekolah bisnis marketing , cukup bertemu dengan puluh-puluh orang bahkan ratus-ratus orang untuk mengasah otak bisnis saya ini.

Seiring  berjalannya waktu,  penolakan adalah hal yang biasa buat saya...dan pada akhirnya  diterima orang adalah suatu hal yang sangatt luar biasa.  Tapi bukan berarti diterima orang tanggung jawab saya sudah selesai lohhh...masih banyak pekerjaan-pekerjaan lain yang harus saya lakukan. Orang yang mau bergabung dengan kita adalah salah satu amanat, setidaknya saya sebagai leader minimal harus memberikan informasi  penting tentang hak-hak dia sebagai member Oriflame dan membimbing mereka yang mau menekuni bisnis ini.

Dan, disini, saya mau berbagi cerita tentang para sahabat yang mau menerima lamaran  untuk menjadi leader dijaringan saya,  berjalan seiring dan menikmati hasil dari bisnis ini...

Mereka ini adalah leader-leader handal di jaringan saya padahal dulunya kita cuma temen maen nongkrong, temen maen, temen gosip bahkan temen-temennya suami saya...hehehe

Yang pertama adalah sahabat saya , Anne Taryono..



Anne adalah sahabat saya dan Nina sejak kuliah, malah kita pernah mengalami masa suka duka saat pertama kali ngantor jaman dulu kala...berbagi kost-an, berbagi uang penyambung hidup sampe sampai berbagi suka duka urusan masalah pacar... Dulu waktu kuliah Anne ini model cewek yang super duper tomboy abisss....pokoe beda bener deh sama sekarang yang selalu terlihat feminim. 

Dulu diantara kita bersepuluh , Anne selalu jadi sopir AKAP (antar kota antar propinsi)....hihihi...abis nyetirnya jago banget siihh

                                                                                           Ayooo coba cari yang mana Anne, yang mana saya dan yang mana Nina



Anne ini sebenarnya dulu sudah pernah join Orifllame tapi akhirnya mati...alasannya? karena dia tidak paham betul tentang  bisnisnya Oriflame sampai akhirnya nomor konsultan Anne kadaluarsa.

Sampai pada akhirnya di pertengahan bulan Februari  2010 secara gak sengaja ketemu lagi sama Anne dikantor Oriflame yang waktu itu dia mau beliin maskara untuk temennya, langsung aja ditodong sama Nina untuk jadi member  lagi (kalo sama temen deket mah langsung todong aja..hehehe), kan lumayan kalo jadi member beli produk bisa diskon 30%. Walhasil Anne member deh untuk kedua kalinya, tapi yang ini Anne minta dijelasin secara detail tentang hak-hak dia sebagai member dan cara untuk ngejalanin bisnis ini.



Ketemuan lagi sama Anne di restoran Padang deket kantor  jam makan siang 1 minggu setelah dia join. Saya jelasin sama Anne teperti apa bisnis Oriflame dan gimana cara dapetin uang dari bisnis ini. Anne yang waktu itu masih sekolah jait baju di Bun Ka banyak sekali nanya-nanya tentang cara ngejalanin bisnis ini. Dan hanya dalam itungan 4 bulan sejak gabung di bulan Februari 2010 akhirnya Anne meraih titel Senior Manager di bulan Juni 2011 dengan bonus 4.5 juta rupiah. 



Saat ini Anne sudah ada di level Director dengan bonus terakhir di bulan April sebesar Rp 8 juta rupiah. Kalo ada yang mau kenal lebih lanjut sama Anne silahkan follow dia di twitter @awtaryono atau add di face book dengan nama Anne Taryono.



Yang kedua adalah teman SMA saya, Nining Wirdaningsih Hamzah




Nining adalah teman satu SMA saya di  SMA 1 Bogor. Saya kenal Nining karena dia termasuk anak yang menonjol dalam kegiatan organisasi Pramuka...dan saya suka ngeliat dia aktif  wira-wiri dengan berbagai kegiatan organisasi lain ...Sedangkan saya dulu adalah anak SMA yang pecicilan yang doyan maen dan lebih milih ngeceng sana sini kalo ada waktu luang daripada ikut kegiatan macam seperti itu...hihihi

                                                         Ayoo carii, mana Nining dan mana saya???

Saat sedang liat-liat daftar temen saya di FB saya langsung kepincut sama wajah Nining, bukan karena manisnya (hahaha...sorry ya ning) tapi sama status FB nya yang menggambarkan betapa aktifnya ibu satu ini...dia masih kerja, ngurus dua anak plus masih punya katering loh dirumahnya...feeling saya saat itu bisa nih saya tawarin bisnis Oriflame.  Eng..ing..eng...langsung deh saya kirimin SMS saat itu :

“Hai Nining...apa kabar...bla...bla...bla...”

5 menit tidak ada balasan...10 menit... 30 menit...1 jam.. 2 jam... 1 hari...2 hari...bahkan 1 minggu tidak ada balasan dari Nining...ehhmmm... mungkin Nining sibuk atau dia mau bales SMS saya tapi dia tidak punya pulsa...berpikir positif aja deh..hehehe

Tapi passs masuk minggu ke-2 setelah saya kirim SMS,  masuk SMS dari Nining dari nomor hp yang berbeda yang menyatakan sorry kalo SMS dari saya baru kebaca karena nomor hp yang saya kirimkan SMS saat itu sudah jarang diaktifkan, pas lagi iseng diidupin lagi masuklah SMS dari saya...itu penjelasannya setahun yang lalu...Tapi taukah jawaban dia saat ini pas ditanya kok sms dari gue jawabnya lama bener? Iya, gue males aja ditawarin bisnis MLM hahahaha...salam jitaks buat Nining.

Karena Nining hanya bisa ditemui jam kerja dan sayapun waktu itu masih kerja, akhirnya saya minta tolong upline saya untuk memprospek Nining dikantornya. Sebelumnya saya kasih tau Nina sosok latar belakang Nining yang saya tau (eh, hal ini penting loh ...kalo kita mau prospek kita kudu tau dulu latar belakang orang itu...at least kita tau profesi dia apa, wataknya gimana...kalo perlu cari tau hobinya dia apa...hahaha...gak ding yang terakhir sih lebay ya)

Saat saya tanyakan hasilnya sama Nina gimana Nining, dia menjawab “abu-abu Ty...” artinya datar-datar aja sambutan Nining tapi bagusnya Nining mau mencoba untuk menjalani bisnis ini. Akhirnya Nining bergabung dengan jaringanku yang aku spill over di groupnya Anne (apa itu spill over? Itu adalah strategi di bisnis kami...untuk yang mau tau lebih detail silahkan japri ke saya hehehe).



Karena jawaban Nina tentang Nining adalah abu-abu jadi saya tidak terlalu berharap banyak dari Nining ..tapiii..alangkah surprised-nya pas di hari Sabtu awal bulan Mei 2010 pukul 2 siang, Nining tiba-tiba menelpon saya yang memberi  tahu dia sudah ada di depan gerbang masuk GOR  Bulungan Blok M tempat berlangsungnya acara BOP (Business Of Presentation Oriflame) Boss Family. Langsung dong saya sambut Nining dengan tangan terbuka dan pelukan hangat...(hahaha lebayyy) dan saya ajak Nining untuk duduk di kursi paling depan.Sepanjang acara mata Nining tidak berkedip (halah..lebay lagi..tapi beneran lho) apalagi saat menyaksikan acara rekognisi orang-orang yang meraih kenaikan level..Dan sayapun dalam hati berdoa, ya Allah jadikan dia leader yang baik untuk jaringan saya...



Kemudian hasilnya adalahhhhhh....dalam waktu 3 bulan Nining berhasil meraih level Senior Manager dengan bonus 5 juta per bulan dan berhasil meraih level Director dalam waktu 6 bulan sajaaaa..... keren kannn ibu dua anak ini...Oiya, saat meraih level Senior Manager Nining memutuskan resign dari kantornya untuk full oriflame-an.



Mau tau bonusnya Nining sekarang??? Tanya aja langsung sama dia...tapi yang pasti dari bonus dan cash award yang dia peroleh dari bisnis Oriflame, sekarang Nining sudah bisa nyicil mobil baru APV White impiannya...dari kerja kantoran bertahun-tahun cuma bisa nyicil motor, walhasil kerja keras di Oriflame sekarang bisa kebeli deh mobil impiannya...kok milih APV ning? Iya, soalnya supaya bisa bawa 1000 katalog Oriflame...hahahaha



Yang ketiga adalah Camilla Febrinia biasa dipanggil Mila..



Camilla ini adalah istrinya sahabat suami saya. Dari Milla ini saya mendapat pelajaran berharga yakni jangan pernah milih-milih orang untuk diprospek. Kenapa? karena waktu itu saya pikir mana mau orang seperti Milla bergelut dengan bisnis seperti ini. Emang ada apa sih dengan Milla?

Nih ya ...Milla itu dari kecil (konon) adalah orang yang sangat2 berkecukupan (malah lebih), gak pernah susah. Mila itu gambaran ibu-ibu sosialita ibukota. Milla itu selalu gaya dimanapun dia berada.  Mila itu kalo ke pesta selalu well dress dan kalo liat foto-fotonya di face book pasti dengan sodara2nya yang bening-bening...hihihi. Milla itu kulitnya putihhhh banget artinya dia paling anti panas-panasan. Mila itu orangnya halus yang saya pikir kalo ditolak orang langsung nangis nih. Dan Milla itu pasti malu deh nawarin Oriflame ke temen2nya . Itu penilaian saya saat itu dan Alhamdulillah...semua itu salahhhh...

                                                           Mila diantara saudara-saudaranya

Di saat saya sedang putus asa untuk mencari sosok leader yang bener-bener tangguh, suami saya tercinta menyodorkan sebuah nama utuk diprospek yang waktu itu saya tolak mentah-mentah “Mana mau dia jalanin bisnis kayak gini...” ucap saya. Walhasil saya kena semprot suami yang mengatakan jangan selalu menilai orang dari luarnya. 

Ya sudah berhubung saya belum temanan sama Milla di Face Book langkah pertama yang saya lakukan adalah meng-add dia sebagai teman di face book yang langsung di-approve sama Milla. Oiya, Milla ini adalah penggemar berat games Sorority Life, jadi sebelum kenal sama Oriflame-an, sehari-hari selain ngurus anak n rumah tangga, dia adalah pemain ulung games SL ini. 



Nah sudah di-approve mulai deh keluarin langkah selanjutnya, mulai kirim message di inbox untuk berbasa basi tanya kabarnya (hihihi...standard banget yaaa) n ngajakin ketemuan untuk sharing bisnis Oriflame. Mila menerima ajakan saya tersebut dan kita janjian untuk ketemuan di rumahnya.  



Akhir bulan Agustus 2010  bulan Ramadhan, saya ditemani oleh upline saya tercinta Nina, berkunjung ke rumah Mila (eh, rumah mamanya Mila) di Pejaten... Saya ajak Nina, karena figur Nina sama Mila sama, sama-sama ibu rumah tangga yang kerjaan sehari-harinya ngurus anak plus domestik rumah tangga. Sempet hampir gak jadi loh kerumah Milla karena waktu itu sudah kemaleman n kita bedua udah teler terutama Nina. Bayangin aja kita seharian abis nongkrong di Oriflame Bulungan abis acara tutup point dilanjutkan buka puasa di RM Padang Salero Jumbo Thamrin, kemudian mau lanjut lagi ke daerah Pejaten. Padahal waktu itu jam sudah menunjukan pukul 7. Mau jam berapa sampe Pejaten? Tapi emang uplen saya yang super woman itu bilang “lanjooottt...” ya wis, kita lanjut nyamperin Milla.

Nyampe rumah Milla sekitar jam 8 lewat dan pertemuan dengan Milla malam itu diakhiri dengan pengisian form pendaftaran member oriflame. Milla langsung saya taro sebagai first line saya. Bismillah...semoga dia menjadi director ke-2 saya ya Allah....Dan hasilnya adaaallllahhh.....dalam waktu 3 bulan Milla berhasil meraih level Senior Manager dan bulan ini (Insya Allah) Milla akan meraih level Director...wooww...dengan bonus 5 jutaan ditambah cash award director 7 juta, Milla berhak menerima uang dari Oriflame total senilai 12 juta rupiahhh...cihuyyy bisa beli tas baru nih Mil...





Nah sekarang kenapa Milla mau jalanin bisnis Oriflame yang kata orang bisnis MLM adalah bisnis menjual mimpi? Alasannya simpel “karena gue pengen punya banyak duit tapi masih punya banyak waktu sama anak-anak dan modal bisnisnya pun gak gede”.



Banyak loh cerita-cerita Mila yang bikin saya sebagai upline terharu dan justru termotivasi dengan kegigihan Mila  ini...Nih ya Mila itu gak malu-malu nawarin Oriflame ke orang-orang dari kalangan bawah sampai menengah hingga atas, dia gak malu-malu buka lapak jualin barang Oriflame di arisan ibu-ibu sosialita di kawasan Kemang dan yang lebih garangnya lagi khusus untuk kalangan ibu-ibu sosialita dia dengan PDnya minta pembayaran dulu padahal barang belum ada...hahaha... 



Dia seringkali nenteng anak-anaknya yang masih kecil-kecil (Rizky, 7 th dan Dasha, 4 th) ke kantor Oriflame atau ke acara-acara Oriflame lainnya... Dia gak nyerah dateng ke acara-acara training sendirian karena temen-temen yang dia ajakin pada cancel satu per satu...Dia gak sungkan-sungkan untuk bantuin downline2nya dimanapun mereka berada ... Mau kenalan sama Milla? Silahkan follow dia twitter dengan nama @milla978 atau add di FB dengan nama Camilla Febrinia



                                                                  Milla dengan 2  leader handalnya

Yang keempat, Betty Dharmawijaya...



Nah, kalo yang ini setipe sama Milla, emak-emak gaul boo...hehehe... Cuma bedanya kalo Milla tipikal sosialita yang penganut paham feminisme ala Dewi Sandra, nah kalo Betty ini penganut paham liberalisme ala Maia Ahmad...hahaha...eh beneran, banyak yang nyangka dia artis lho kalo kita bedua lagi road show Oriflame hehehe...



Betty ini adalah salah satu teman suami saya, jadi ceritanya waktu jaman SMA suami saya punya gank main, salah satunya ya Betty ini. Betty dulu anaknya tomboy sekali dan dia dulu langganan jadi bahan omelan bapaknya, abis doyanannya maen sampe bolos sekolah. Suka ketawa ngakak kalo denger Betty menceritakan jaman jahiliahnya dulu ...duh gak kebayang deh melihat sosok Betty sekarang yang jadi super mom sekarang ini.



Waktu saya mau prospek Betty, saya bingung mau masuk dari mana. Secara dia datang dari keluarga mapan,  suaminya kerja sebagai dokter di salah satu perusahaan minyak terkenal dan anaknya pun cuma satu...Jadi kalo dilihat motivasinya dari sisi ekonomi gak banget yahh... Dari sisi menambah pertemanan gak juga..secara dia sudah mendarah dari anak gaul menjadi ibu-ibu gaul masa kini...Untuk menambah waktu luang? Wah, denger-denger dia udah sibuk sama bisnis cookies n quilting-nya. Untuk dapet liburan gratis? Walah dia sebulan 3 kali pasti liburan sama gank-nya, mau keluar negeri apa ke dalam negeri pasti dijabanin. Jadi apa ya? Ehhhmmm hajar bleh aja deh saya kerumahnya.


                                                          Kue-kue kering dan quilting hasil karya Betty

Dirumahnya saya nerangin tentang keuntungan bisnis ini, dan saya katakan sama dia kalo secepatnya saya akan resign dari kantor karena saya mau full jalanin Oriflame. Lumayan, perkataan saya tadi cukup membuat dia kaget dan semakin penasaran tentang bisnis ini...hihihi... Ya udah, saya cuap-cuap ngapain aja di Oriflame ... Sampe saya liat ada pajangan quilting keren dirumahnya dan..ahaaaa...saya bilang sama dia dengan ikutan Oriflame semakin menambah komunitas dia yang siapa tau ada yang tertarik belinya quilting-nya dia...hihihi...

                                                         Betty rajin ikutan training dan selalu duduk paling depan

Alhamdulillah, Betty akhirnya mau join dalam jaringan saya dengan alasannya adalahh...supaya bisa beli eye liner diskon...hahahaha...secara dia pemakai produk eye liner-nya Oriflame n dia bilang susah beli barangnya dimana... Ya sutra, yang penting Betty join dulu ya...  Dan Betty aku spill over untuk grup-nya Milla.



Eh, pada suatu hari Betty  nge-ping saya di BBM n pengen diterangin ngapain aja sih di bisnis ini...weiitsss jangan buang waktu lagi..langsung saya iya-kan n saya atur jadwal untuk bertemu dia sekaligus saya ajakin upline terkasih saya, Nina.  Kita ketemuan di Starbucks Botani malem sabtu... Ada insiden kecil waktu saya mau ketemu Betty, dimana uplen saya itu ketiduran dan untungnya dengan kelihaian dia menyetir, dia bisa loh dalam waktu kurang setengah jam nyampe ketempat janjian dari rumahnya di Depok.



Disitu kita melakukan pemantapan tentang bisnis ini ...n taukah kawan, setelah selesai pertemuan pemantapan bisnis ini si temanku Betty satu ini berlari bagaikan kijang. Dalam waktu satu bulan setelah pertemuan dimana dia baru dalam posisi 0%, dia langsung melesat ke level 12% (manager level)....waaakkkssss....kok bisaaaa???? Iyaaa, karena setelah pertemuan itu dia langsung melakukan apa yang disuruh oleh  Oriflame, yakni rekrut..rekrut..rekrut....  Dan dia gak malu-malu untuk menawarkan barang-barang yang ada pada katalog Oriflame... Malah dia langsung mengadakan beauty demo disalah satu rumah temannya, istri GM-nya Starbucks Indonesia... Wuidihhh...langsung banjir deh itu orderan...






Sekarang Betty sudah Senior Manager dengan bonus bulanan sebesar 5 juta rupiah dan sedang dalam kualifikasi Director... Betty saat ini sudah memiliki 2 manager handal di jaringannya, yakni Rini dan Efa Suganda. Satu temen maennya dulu, dan satu lagi temen SMAnya. Pengen berkenalan lebih jauh dengan Betty, follow aja di @betsbloom atau add dia di facebook dengan nama Betty Dharmawijaya.




Yang kelima, Vaye Puteri



Vaye ini serupa dengan Nining, karena dia adalah teman  SMAku. Cuma bedanya kalo Nining bales SMS saya 2 minggu, nah kalo Vaye ini bales message FB ku dalam waktu 4 menit saja hehehe...
Saya kirim FB message tanggal 08 Juni 2010 jam 18:37 dan langsung dapet sambutan reply jam 08 Juni 18:41...hihihi...kok masih inget sih? Masih laaahhh

Dan serupa dengan Nining, Vaye bisa ditemuin disela-sela jam kantor..Walhasil saat itu saya minta bantuan upline saya untuk mendatangi Vaye guna memberi penjelasan tentang bisnis Oriflame. Oiya, Vaye ini kerja di salah satu perusahaan minyak terkenal, Conoco dan posisi dia saat ini adalah sebagai Exploration Data Analyst. Dengan posisi keren di salah satu perusahaan minyak luar terkenal gak ada tuh buat Vaye buat gengsi jalanin bisnis Oriflame. Keren kan leaderku satu ini.

Karena motivasi Vaye untuk jalanin bisnis Oriflame ini sebagai bisnis sampingan dimana kerjaan kantor masih menjadi proritas utama, jadi dia menjalankan bisnis ini tidak seperti leader-leader saya yang lain yang berlari bagaikan kijang, Vaye itu slow but sure...Dia menjalankan bisnis ini perlahan-lahan tapi dia tidak pernah berhenti. Setiap bulan Vaye selalu komit untuk melakukan pembelanjaan dan melakukan proses rekrut. Tidak banyak, tapi setiap bulan pasti ada new recruit. Datang ke acara training Vaye juga komit, walaupun cuma sebulan sekali dan itupun di daerah Depok, dia sudah menjadwalkan kegiatan training dalam agenda bulanannya dia.



Saat ini Vaye berada di level Manager 15 % dan dia sudah punya leader tangguh, Ria namanya, dengan posisi manager 12%. Group Vaye saat ini sedang aku geber, paling telat July besok Vaye sudah harus masuk ke level Senior Manager. Ayoo Vaye udah kelamaan nih ngesotnya...sekarang kita sama-sama berlari bagaikan kijang yaaa... Liat ya apakah saya dan Vaye berhasil menembus level Senior Manager dibulan Juli untuk Vaye??? Pasti bisaaa!!!

                                                                                                Ria dan saya

Oiya, untuk yang mau tanya-tanya sama Vaye tentang bagaimana membagi waktu antara jam kantor dengan bisnis Oriflame, silahkan add Vaye sebagai teman kalian di Face Book ya dengan nama Vaye Puteri.


Yang keenam, Rahmi Reni



Satu-satunya temen kantor yang berhasil saya rekrut dan mau menjalankan bisnis Oriflame ini adalah dia, Rahmi Reni dengan nama panggilan Reni. Reni ini adalah temen satu kantor tapi beda wilayah, saya di kantor pusat sedangkan dia dipabrik yang berlokasi di Kota Karawang.

Reni ini sama dengan Vaye, yang joinnya udah lama, setahun yang lalu dan sampai sekarang belum pecah telur juga jadi Senior Manager. Tapi gak papa, gak ada aturan kok dalam jaringan saya, bahwa yang menjadi leader di grup saya harus minimal 3 bulan jadi SM. Pokoknya kalo yang mau berlari kencang bagaikan kijang hayukkk, yang mau pelan-pelan juga hayuuukk...tapi kalo yang mau jalan pelan-pelan juga harus ada tenggang waktunya ya...karena di bisnis ini kan bisnis percepatan..jadi nanti kalo kelamaan pelannya bisa-bisa kelelep nanti semuanya,,,hehehe

Reni ini waktu pertama kali saya tawarin join gak langsung OK loh, dia sempet bilang mau pikir-pikir dulu...ya udah, waktu itu saya langsung kirimin aja tentang bisnis Oriflame lewat email. Kalo gak salah bulan Januari 2010 saya ajak dia untuk join Oriflame. Seminggu saya tanya masih begitu. Masih pikir-pikir. Dua minggu tanpa berita. Sebulan tidak ada wacana dari dia. Ya sudah.

Sampai di awal minggu bulan Maret, saya lagi mikir siapa lagi temen-temen yang mau saya ajakin Oriflame. Saking pusingnya saya cuma berdoa di saat shalat zhuhur dikantor “Ya Allah, berikanlah seseorang yang mau sevisi dengan saya di bisnis ini...amien”. Selesai shalat, lipet mukena, masukin mukena kedalam tas n simpan dalam lemari berjalanlah saya kembali ke meja kerja.

N you know what apa yang terjadi...Tommy, salah satu patner saya dikantor berucap” San, tadi Reni telpon katanya dia mau join Oriflame” Haaaaa......akhirnya dikabulkan juga doaku... Langsung aja tanpa banyak basi-basi aku langsung telpon Reni dan minta dia untuk menyerahkan copy KTP dan langsung aku taro Reni sebagai first line aku.

Sama juga seperti Vaye, Reni, ibu dari 4 orang anak ini, masih  kerja kantoran Senin – Sabtu.
Saat ini Reni ada dalam posisi manager 15% dan sedang aku persiapkan pecah telor kembar bersama Vaye untuk menjadi Senior Manager di bulan Juli besok. Emang yakin bisa? Harus bisaaa....amieennn.



Yaaahh begitulah man teman cerita saya tentang dibalik bisnis penolakan ternyata membawa sesuatu yang indah, apalagi kalo bukan pertemanan biasa  menjadi suatu hal luar biasa. Dibalik duka akibat penolakan, ternyata ada suatu kenikmatan apabila kita berhasil menemukan orang yang mau sevisi dengan kita. Apalagi kalo orang-orang itu sudah mendapatkan hasil dari kerja keras mereka.  Di bisnis ini bukan bisnis kenikmatan untuk pribadi semata, tetapi bisnis kenikmatan berama-ramai  karena proses pengerjaannya harus bersama-sama, berjalan beriringan.

Nah, untuk yang mau berjalan beriringan menjadi leader-leaderku silahkan japri ke email saya : sandhyena@yahoo.com atau ym:sandhyena . Mau tanya-tanya dulu juga boleh.  

Tapi ada syaratnya loh kalo mau jadi leader di jaringan saya dan syarat ini amat terangat sangat penting. Apa itu? Harus punya MIMPI. Mimpi yang indah dan teramat kuat nantinya akan membawa kita kepada apa yang kita inginkan, melalui sebuah kendaraan yang dinamakan ACTION!!!

OK, sekian dulu ya cerita dari saya....  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar