Selasa, 30 Agustus 2011

Trip to Paris 11-16 Agustus 2011 (Oriflame Gold Conference 2011)

Dulu, saya hanya bisa menjadi pendengar yang baik bagi teman-teman yang baru pulang dari negara Eropa, kalo katanya negara Eropa itu indah sekali ..terutama arsitektur bangunan-bangunan tuanya yang tetap terjaga sampai sekarang...

Kalo dulu, saya hanya bisa sebagai pemimpi yang ingiiii..nn melihat langsung megahnya menara Eiffel,  kharismatik Katedral Notre Dame, indahnya lukisan Monalisa di Museum Louvre...bahkan tempat khayalan masa kecil saya...Disneyland.

Dan duluuu,  jalan-jalan ke benua Eropa adalah impian yang hampir saya kubur dalam-dalam karena liat harga tiket dan akomodasinya aja bikin saya  mikir 1000x sampai akhirnya...............ORIFLAME memberikan perjalanan GRATIS  selama 6 hari untuk mengikuti Asia Gold Conference di PARIS !!! WOW!!!


Kalau ditanya apa perasaan saya saat saya termasuk dalam daftar nama konsultan yang akan melawat ke negara pusat mode, dan kota paling romantis itu??? Unbelievable!!! Beneran deh, sampai hari keberangkatan aja saya masih nanya mulu sama upline saya, Jeng Nina....”Na, beneran neh gw mau ke Paris???” Yang ada bukan dijawab sama Nina, tapi malah dijitak dengan lengkingan “Iyaaaaaa  Saaannnntttyyyyyy....” Hihihi...Alhamdulillah, salah satu mimpi saya satu lagi terkabul..




Ini perjalanan pertama saya dari Oriflame dan langsung ke kota Paris, jadi boleh dong saya bercerita detail mengenai perjalanan yang saya alami bersama uplineku sekaligus sahabatku tersayang Nina dan 12 teman lain dari Boss Family... mudah-mudahan pengalaman ini bisa menjadi motivasi terutama untuk downline-downline di jaringan saya untuk bisa meyakini bahwa bisnis Oriflame bukanlah sekedar bisnis iseng-iseng belaka melainkan sebuah bisnis besar yang bisa menjadikan mimpi kita menjadi sebuah kenyataan.

Kami, konsultan Oriflame Indonesia kurang lebih sebanyak 200an peserta, diberangkatkan dengan maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa Airlines, pada tanggal 10 Agustus 2011. Terbang ke Singapore untuk transit selama satu jam kemudian terbang lagi dengan pesawat yang sama selama 12 jam ke Frankfurt, transit lagi 3 jam dan akhirnya terbang lagi dengan pesawat yang lebih kecil menuju kota Paris selama satu jam.

Sebelumnya sudah banyak yang memperingatkan saya kalo perjalanan ke Eropa selama 15 jam akan terasa sangat membosankan. Tapi ternyata sama sekali engga tuh. Kok bisa? Karena Lufthansa menyediakan film-film terbaru yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita...bahkan ada serial TV favorit saya lho, Desperate Housewives...hihihi

Jadilah perjalanan 15 jam  terasa begitu nyaman karena saya isi dengan menonton film Kungfu Panda 2,  Live Music Beyonce, Desperate Housewives  dan tidur terlelap selama 10 jam setelah menenggak antimo ...glek!!!

Ini ada beberapa dokumentasi saat saya melawat ke kota Paris, kalo kurang jelas tinggal di-KLIK aja untuk memperbesar gambar..




Kami tiba di bandara Perancis, Charles de Gaulle Airport,  tanggal 11 Agustus 2011 jam 12 siang (waktunya Paris) dan disambut oleh tim panitia Gold Conference yang memandu kami untuk menaiki bis yang akan mengantar ke tempat kami menginap, Marriot Hotel. Perjalanan dari bandara menuju jantung kota Paris memakan waktu kurang lebih 30 menit ... yah hampir sama deh kayak dari bandara Soeta ke Bekasi yak..(kalo gak pake macet)





Udara kota Paris saat itu terasa begitu sejuk, karena di Paris sedang masuk musim peralihan dari summer ke spring. Tata kotanya terlihat begitu rapih dan bersih. Beda benerrrr sama kota Jakarta. Tapi kalo diperhatikan baik-baik di beberapa sudut tampak beberapa tuna wisma  yang rata-rata mereka adalah para imigran yang mencoba peruntungan hidup di kota ini.


Paris Marriot Rive Gauche Hotel tempat kami menginap terletak di pusat kota Paris dan merupakan salah satu hotel  yang lokasinya sangat strategis dari pusat bisnis dan wisata kota Paris . Sesampainya di hotel kami dibagikan name tag, kunci kamar, plan & map guide kota Paris, goody bag yang berisikan beberapa produk terbaru Oriflame daaannn.... free pass untuk masuk tempat rekreasi Disneyland...Asik!!


Sempet kaget juga awalnya melihat ukuran kamar kami yang cukup mungil, karena kalo di Jakarta untuk hotel berbintang 4 seperti ini pasti kamarnya udah gede banget. Tapi ternyata rata-rata  hotel di Eropa terutama di kota Paris ukuran kamarnya memang kecil-kecil, bahkan Marriot ini termasuk hotel yang memiliki ukuran kamar lebih besar daripada rata-rata hotel berbintang 4 di Paris (waduuhh gimana hotel lainnya ya?)

Tidak jauh dari hotel ini ada stasiun metro Glacier yang bisa membawa kita ke tempat wisata Menara Eiffel, Champs Elysees dan kawasan business district dalam waktu kurang dari setengah jam...dan ongkosnya bisa dibilang murah banget...hanya dengan 1.7 euro (sekitar IDR 20ribu) sudah bisa ganti-ganti metro (julukan si kereta api) menuju tempat yang kita tuju. Memang, si metro ini adalah sarana transportasi yang tercepat dan termurah ... tapi kalo naik transportasi ini kudu extra hati-hati...karena banyak banget copet yang berkeliaran...beberapa peserta dari Indonesia ada lho yang  kecopetan..


Di dekat hotel ini juga banyak kedai-kedai yang menyediakan makanan cepat saji khas Eropa, apalagi kalo bukan pizza dan sejenisnya (pasta). Harganya juga gak mahal-mahal banget. Sekitar 10 - 12 euro dan pizzanya gedeeeee bangett...bisa dimakan untuk ber-empat. Lumayan ngirit kan... Kalo mau lebih ngirit lagi, bawa minum sendiri dari keran air hotel hihihi...karena di Paris ini semua air keran bisa langsung diminum... 





DAY 1 - WELCOME DINNER

Jadwal kegiatan di hari  pertama kami di acara Gold Conference ini adalah Welcome Dinner dengan naik yacht (perahu) sambil mengarungi sungai Seine yang cantik dan romantis. Oriflame menyewa 3 yacht pribadi dan salah satunya digunakan hanya untuk kontingen dari Indonesia..,uhuyy. 


Tapi sebelum kami sampai di sungai tersebut, ada kejadian haru yang saya alami. Apa itu? dimana saya pada akhirnya melihat kemegahan menara Eiffel untuk pertama kalinya dan baru merasa yakin kalo saya memang sedang ada di kota Paris....wwwaaawwwww. Dan ternyata bukan cuma saya aja lho yang merasa haru biru  , ketika bus yang mengantar kami dari hotel menuju sungai seine melintasi kawasan menara tersebut hampir semua penumpang bus juga terkesima dan (agak2) histeris dengan kemegahan salah satu 7 keajaiban dunia tersebut ...jadi, bukan cuma saya aja lho yang norak hihihi...


Ini saya abadikan saat pertama kalinya saya melihat menara Eiffel dari dalam bus...awesome!!




Sesampainya di sungai Seine, kami tidak langsung menuju yacht, melainkan foto-foto dulu dengan latar belakang si Eiffel itu sendiri daaaannnn...langsung kami update di twitter, facebook, profile picture BB...wkwkwkwkwk...narsis doongggg.....


Yacht berangkat dari kaki menara eiffel dan mengajak kami untuk berkeliling melihat suasana kota Paris yang indah dan romantis di malam hari...(eh, disini baru gelapnya jam 10 malam lho, jadi jam 8an masih kayak jam 5 sore)...


Suasana makan malam berlangsung santai ditemani hiburan musik lokal, dan teteeeepppp...kami mah pasukan Boss Family assssiiiikkkk dengan kegiatan foto-fotonya hehehe.... Beberapa top management global Oriflame  bergabung di yacht kontingen Indonesia, antara lain anak dari pendiri Oriflame , Alexander af Johnik, Chief Operational Officer Oriflame, Mr. Jasper Martinson serta komisaris Oriflame Indonesia , Bpk. Fauzi yang rendah hati n baeeekk banget beserta istri. 


Oiya, di welcoming dinner ini kami mendapat 2 produk baru yang akan di-launching oleh Oriflame beberapa bulan ke depan, antara lain Tender Care aroma coklat dan Oriflame Foundation Powder, bedak padat yang berfungsi juga untuk mencerahkan dan membantu memutihkan wajah.


Acara welcome dinner berakhir pukul 10 malam bertepatan dengan dihidupkannya lampu menara Eiffel ..cantikkk bangetttt!!!





DAY 2 - Asia Business Conference



Kejadian yang sangat mengesankan saat dimulainya hari kedua perjalanan conference ini adalah saat kami seluruh kontingan conference yang berjumlah 600 peserta diberangkatkan dari hotel menuju ketempat acara dengan menggunakan metro, bukan dengan bus.

  

Ya ampuuunnn... padahal ngerasain bawa rombongan temen-temen dari Bogor yang mau jalan-jalan ke mangga dua  naek kereta express pakuan ribetnya ampun-ampun, nah ini para panitia harus ngatur beratus-ratus peserta untuk naik transportasi umum menuju berlangsungnya acara. Tapi emang beda deh Oriflame, semuanya terakomodir dengan rapi jali makkkk...

Oriflame memang sengaja memfasilitasi para peserta untuk menggunakan transportasi metro untuk lebih mengenalkan salah satu alat transportasi yang biasa digunakan oleh warga Paris pada umumnya. Perjalanan tempuh dari stasiun metro Glacier, termasuk satu pemberhentian,  ke tempat acara sekitar 45 menit. Dan dimasing-masing pemberhentian sudah siap tim conference yang akan memandu  menunjukan arah berlangsungnya conference. Untungggg...saya gak pake sepatu hak tinggi, kalo engga bisa varises kaki sayahhh....jalannya itu lho mak...jauh bangettt...tapi tetep menyenangkan!!!

Nih ya, saya kasih rute perjalanannya :
Dari stasiun metro dekat hotel (Glacier) kita naik metro line 6 menuju stasiun Charles de Gauille Etoille, di stasiun itu kita pindah metro ke line 1 menuju stasiun La Defense. Turun di La Defense kita menyusuri lorong-lorong statsiun metro dan sampailah kita di CNIT Business Conference.



Untuk acara ini kami dari Boss Family sama-sama kompakan mengenakan baju batik, untuk semakin mengenalkan kepada kontingen mancanegara lain, batik Indonesia itu keren lohhh... Kontingen ini diikuti oleh semua negara Asia yang melakukan penjualan produk Oriflame seperti Indonesia, India, China, Vietnam, Thailand dan beberapa negara lainnya. 


Senang sekali rasanya saya berkesempatan mengikuti conference ini karena saya berkempatan pula untuk bertemu dan berjabat tangan secara langsung dengan founder kerajaan Oriflame, opa Robert af Johnik dimana beliau selalu terlihat humble dan mingle  dengan seluruh para peserta conference.



Apa saja yang disampaikan di Asia Business Conference ini? Tentunya yang berhubungan dengan pertumbuhan bisnis Oriflame di kawasan Asia dan apa pengaruhnya dengan pasar Oriflame secara global. Yang pasti materi presentasi yang dipersembahkan oleh Oriflame sungguuhhhh...keren banget, gak bikin ngantuk. Dimana untuk berpindah dari satu materi ke materi berikutnya, Oriflame mengibaratkan kita berpindah dari level satu ke level berikutnya menuju puncak menara Eiffel...Selidik punya selidik, Oriflame menggunakan salah satu event organizer top Italy untuk merancang acara ini...pantesss!!!



Ada kesan tersendiri ketika saya menyimak apa yang disampaikan oleh Chief Executive Officer-nya Oriflame, Mr. Magnus Brannstorm.  Beliau yang menurut saya lebih tampak seperti seorang senator angkatan Arnold Schwarzenegger (ehm) membuat saya berjanji untuk lebih serius menjalani bisnis ini....untuk yang kerjanya angin-anginan, maaf ya tolong balik ke baris dibelakang aja...saya akan lebih peduli dengan orang-orang yang sevisi dengan saya karena hidup saya dan orang-orang dalam hidup saya memang sangat tergantung dengan bisnis ini yang tidak melulu bicara masalah uang tapi juga masalah hati...


Untuk predikat menjadi yang terbaik, Indonesia mengantongi beberapa penghargaan, diantaranya #1 Senior Manager Growth Award, yang artinya di negara Indonesia paling banyak melahirkan leader-leader baru (dengan omset per leader min IDR 50 juta per bulan) dan #3 Recruitment Award, yang artinya Indonesia menjadi negara yang paling banyak melakukan proses rekrut konsultan baru. Untuk penjualan terbaik dipegang oleh negara China...ya iyalah wong penduduk china jumlahnya berkali-kali lipat dari penduduk Indonesia (hihihi...paling bisaaaa).

Oiya, leader nomor 1 se-Asia tetap dipegang oleh Cinthya Venika (Indonesia) dan leader yang perkembangan karirnya paling cepat (Fastest Growing Leader) juga dipegang oleh Indonesia yakni oleh Dini Rahma Shanti.



Di conference ini Oriflame juga me-launching beberapa produk baru untuk di pasarkan di negara Asia dan beberapa aplikasi on line yang akan semakin memudahkan para konsultan Oriflame dalam mengembangkan bisnis ini. Mantaaaapppp...!!!! Oiya, semua produk yang akan di-launching dibagikan kepada semua peserta conference lho... 



Untuk Gold Conference tahun depan Oriflame sudah menjadwalkan tanggal 20-25 Agustus 2012 ke negara tempat kelahiran Oriflame, yakni Stockholm. Di conference ini nantinya tidak hanya negara Asia yang dilibatkan, melainkan seluruh negara di dunia yang menjalani bisnis Oriflame.  Makanya dinamakan Global Gold Conference, yang rencananya akan diikuti oleh 10,000 konsultan dan Oriflame akan menyelenggarakan acara conference yang lebih fantastis, salah satunya menghadirkan band kelas dunia asal Swedia, ROXETTE!!! Yeaahhhh...... I Love Roxette beibehhh...


Acara conference berakhir pukul 03 sore dan ditutup dengan pengumuman 15 top leader Asia, dan nenek upline serta founder-nya Boss Family, Teh Thia alias  Meuthia Rizki berada di peringkat 6 seasia ...Selamat ya Teh Thia sayang...semoga saya lekas mengikuti jejakmu...slluurrppp!!!


Berhubung saat acara conference berakhir cuaca di Paris masih terang benderang dan bersahabat, maka kami memutuskan untuk jalan-jalan menuju kawasan Menara Eiffel. Kami puasin foto-foto disana... Kami tiba di menara Eiffel pukul 5 sore dan kembali ke hotel pukul 11 malam.  Puassss banget deh mandangan tuh menara...dari samping kanan, kiri, bawah, depan, belakang kami pelototin tuh menara yang tingginya 324 meter itu. Cuma sayang kita gak sempet naek ke puncak menaranya karena antreannya melebihi ular naga panjangnya...





DAY 3 - CITY TOUR


Emang cuma Oriflame yang ngertiin banget kemauan konsultannya...hehehe... Karena kalo ke luar negeri kitakan maunya seneng-seneng ya...Nah, Oriflame kasih kita acara yang pake mikir cuma sehari itu doang pas Asia Business Conference, selebihnya ya seneng-seneng dongggg....huraayyy...


Seneng-seneng dihari ketiga ini kita dikasih jadwal City Tour dan saya ditempatkan di bis nomor 5. Gak tau kebetulan atau apa, di bus nomor 5 ini saya dan jeng Nina digabung dengan top 15 leader se-Indonesia dan bapak komisaris Oriflame Indonesia, Bpk. Fauzi juga ada di bis ini.  Duuhhh...berasa jadi orang penting hihihi.... Disitupun saya tidak lupa berdoa... Ya Allah jadikanlah aku bagian dari mereka, menjadi seorang leader yang handal, bonus banyak banget, tapi tetap rendah hati...amiennn


Tempat monumental pertama yang kami kunjungi adalah tempat bersejarah Katedral Notre-Dame. Gereja yang dibuat ratusan tahun lamanya ini mengingatkan saya pada cerita klasik Hunchback of Notredame ... Di gereja ini kami mendapat keistimewaan untuk bisa langsung masuk jalur khusus tamu VVIP, jadi gak perlu antri sedikitpun...padahal untuk wisatawan lain kalo mau masuk ke gereja ini...bbeeuhhhhh antrinya ngalahin antri sembako...panjanggggg benerrrrrrr.... Berhubung besoknya akan ada perayaan hari suci Bunda Maria, maka ada beberapa orang yang sedang mempersiapkan upacara untuk perayaan hari esok..


Tour kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah lainnya, cuma karena di Paris banyaaakkk banget tempat2 bersejarah (makanya disebut dengan kota peradaban dunia) dan waktunya mepet banget kita cuma berkeliling-keliling aja naek bus...  Si pemandu hanya menunjukan nama tempat / bangunan dan sedikit riwayat tempat itu berdiri. Ada universitas Sorbonne, Universitas Paris yang paling bersejarah dan ngingetin saya sama trilogi cerita Laskar Pelangi, monumen Arc de Triomphe yang menjadi simbol kota Paris yang paling terkemuka dan mengingatkan saya pada film da Vinci Code , Places des Vosges alun-alun paling romantis di Paris, Les invalides alias tempat peristirahatan terakhir Napoleon III, Taman Trocadero taman terbuka yang melatarbelakangi menara Eiffel, Opera Garnier tempat opera tertua di kota Paris, Museum Louvre tempat dipamerkannya lukisan Monalisa, Sacre Couer  bangunan bersejarah yang dibangun untuk memperingati 58,000 tentara Perancis yang tewas dalam perang Perancis - Rusia...dannn masihhh banyak lagi... Dan yang paling penting adalah mall terbesar di kota Paris pastinya, Galeries Lafayete...hehehe

Oiya,  si pemandu juga tidak lupa lho menunjukan tempat tewasnya Lady Diana bersama calon tunangannya Doddy Alfayed...Kan pada akhirnya kisah cinta mereka menjadi kisah cinta fenomenal juga mengalahkan Romi n Juli, right?? hehehe


Selesai City Tour yang diadakan oleh Oriflame, kami melakukan City Tour sendirian ke daerah pinggiran kota Paris...karena kita keluar dari area distrik kota Paris, jadi tiket metronya rada-rada mahal..sekitar 10 euro atau sekitar IDR 120ribuan...ibaratnya dari Jakarta mau ke Bandung gitu deh...



Nama tempat yang mau kita kunjungin namanya La Vallee Vilage alias outletnya barang-barang bermerk dunia yang didiskon gila-gilaan. Jadi kalo mau beli tas Long Champ yang didiskon sampe 70% silahkan datang ketempat ini yaaa... Sempet nyasar juga lho untuk menemukan tempat yang menjadi incaran kaum wisatawan ini , cuma setelah tanya sana sini, baca peta ini itu ketemu juga tempatnya. 



DAY 4 - DISNEYLAND


Nahhhhh....ini dia tempat wisata yang paling ditunggu-tunggu sejak saya masih berusia 6 tahun, saat saya melihat gambar tempat rekreasi Disneyland dari postcard yang dikirim oleh papa saya yang bertugas ke luar negeri saat itu.

Tau gak siapa yang paling bersemangat saat tahu kalo saya akan pergi ke Disneyland??? Aurelia, putri semata wayang saya.  Dia paling semangat n happy banget pas tau kalo ibunya akan bertemu dan berkunjung ke istana para karikatur Walt Disney itu.  Dia titip kepada saya untuk berfoto bersama Princess Bella (princess ter-favorit), Minnie Mouse dan karikatur-karikatur lainnya. Setiap malam sebelum tidur dia selalu berpesan "Ibu, jangan lupa ya nanti foto sama Princess Bella, sama Pluto, sama ini...sama itu...sama ini..sama itu..."  Duuhh rasanya mau nangis pas ada disana karena saya jadi inget sama anak saya... Someday and I will saya akan ajak Aurel ke Disneyland juga...Tapi jangan yang Paris ya , yang di Hongkong aja...wkwkwkwk....



Satu hal yang membuat saya makin terkesan dengan Oriflame, kami para konsultannya diperlakukan sangat istimewa. Karena saat di Disneyland ini kami tidak hanya diberikan  tiket masuk, melainkan ada kartu tambahan yang membuat kami bisa masuk ke SEMUA WAHANA permainan dan TIDAK PERLU ANTRI sedikitpun. Oiyaaa, tau engga, kita juga dikasih VOUCHER senilai 30 euro yang bisa ditukarkan dengan  makanan dan souvenir di dalam area Disneyland ini.  Ikkkhhhh kerennn yaaa Oriflame...dannnnn keren bangettt Disneyland... I REALLY LOVE IT !!!







DAY 5 - ACARA BEBAS & GALA DINNER


Hari kelima adalah hari terakhir kami melakukan aktivitas bersama Oriflame, karena besoknya kami sudah harus kembali ke tanah air.  Tapi sebelum kami kembali, kami tidak melewatkan untuk berkunjung ke salah satu tempat belanja paling beken di kota Paris ini yang dijuluki Orchard-nya Paris alias Champ Ellysees.


Wuidihhh rameee bangetttt....banyak orang hilir mudik di area ini cuma lebih rapih dan tertib.. kalo dibandingkan dengan Orchard, jauh deh ...disini lebih rapih...apalagi kalo dibandingin dengan Pasar Baru...lewwaaaaaaattttttttttt.....huehehehehehehe... Di kawasan ini kami sempat belanja-belanji lagi... Lumayan, untuk oleh-oleh...terutama untuk my princess karena saya menemukan boneka kesukaannya di Outlet Disney, Princess Bella.


Nah, ini adalah acara terakhir yang dipersembahkan oleh Oriflame yakni Gala Dinner yang berlangsung di Carrousel de Louvre yang terletak dibawah Louvre Museum. Tempat ini merupakan salah tempat paling bergengsi karena tempat ini sering digunakan acara-acara besar kota Paris, salah satunya Paris Fashion Week.  

Pada malam gala ini dilakukan rekognisi ceremonial bagi para leader yang berhasil menaiki jenjang level yang lebih tinggi ditahun 2010 - 2011. Selama acara rekognisi berlangsung kamipun juga disuguhi hiburan-hiburan yang menarik khas kota Paris. Disinipun saya membatin akan selalu hadir pada acara gala dinner yang diadakan oleh Oriflame kelas dunia dan akan menjadi salah satu orang yang akan berdiri diatas panggung untuk menerima rekognisi setiap tahunnya. Ya, semua itu memang berawal dari doa dan LOA (Law of attraction). Dimana kita menginginkan sesuatu, yakinilah hal itu bisa terwujud asalkan diimbangi dengan tindakan kita. SURE, WE CAN!!!




DAY 6 - PULANG


Hari ke-6 tepatnya tanggal 16 Agustus adalah jadwal kami kembali kota tercinta, Indonesia. Seindah-indahnya kota Paris nan romantis ternyata tidak bisa mengalahkan rasa kangen saya kepada Indonesia ..apalagi sama nasi padang plus baso sapi aslinya...huehehehehe...engga lah, saya kangen berat sama Aurelia si pipi gembil...

Nah, jadi wahai para pembaca setia blog-ku..gak salah deh untuk milih Oriflame sebagai business partner kita...selain memang perusahaannya sehat dan stabil, bisnisnya fair, keuntungan dari ngejalanin bisnis ini banyaaaakkkkkkkk bangettttt.....Gak cuma uang yang kita dapet, tapi kita juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti pertemanan yang meluas, jenjang karir, pengembangan diri yang lebih baik, dan pastinya pengalaman luar biasa ke luar negeri gratis...tis...tis,,,(kecuali kalo mau shpooing) dengan akomodasi kelas dunia... Mau kan setiap tahunnya jalan-jalan sama saya keluar negeri??? hehehe

Jadi mulai sekarang, jalanin Oriflame dengan serius ya...ingat ini bisnis kita bersama yang tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tapi untuk orang-orang disekeliling kita...so, Let's Make That Change, GO PRESIDENT!!!




1 komentar:

  1. such a great experience mbak santi :D kerasa banget nulisnya dari hati yang seneng karna dimanjain sama oriflame

    BalasHapus